Kamis, 26 November 2015

7 Pertanyaan dari Tetangga yang Gak Harus Kamu Jawab


Jadi mumpung hari libur, kamu memilih buat ngehabisin waktu di rumah aja. Namanya di rumah pasti sangat mungkin ada momen kamu ketemu tetangga dong. Katakanlah ketemu di masjid pas solat Idul Adha atau ketemu di tempat penyembelihan hewan kurban. Bisa juga pas kamu lagi disuruh ke warung sama orang tua kamu. Eh tiba-tiba ada tetangga kamu yang lihat, terus akhirnya nyapa kamu gitu. Dan ujung-ujungnya malah banyak nanyain ini itu sama kamu. Alasannya sih karena jarang lihat kamu sore-sore di rumah. Padahal emang dianya aja tetangga kepo.


1. Mau Kemana?

{source name="Disapa" url="celebs-life.com"} Mau ke mana, kok buru-buru? | Bukan urusan lo, bye!
Mau ke mana, kok buru-buru? | Bukan urusan lo, bye!
Emang sih kelihatannya tetangga kamu kayak peduli gitu sama rutinitas kamu. Dia pengen tau gitu kamu mau pergi ke mana? Tapi sebenernya tetangga kamu itu cuma basa-basi doang sama kamu. Dia gak bener-bener pengen tau hal itu. Jadi ngapain juga kamu jawab? Eh tapi kalo pun ada yang nanya serius, tetep jangan kamu jawab juga sih. Atau jawabnya basa-basi aja, "ke situ", "ke sana", "gak ke mana-mana", "sini-sini aja", "ke Mars". Karena kalo kamu jawab serius, biasanya bakal ada pertanyaan kepo lainnya, kayak....

2. Yang Semalem Nginep Siapa Tuh?

{source name="di kamar" url="chasingprops.com"} Padahal kita semua masih sepupu. Wajar kalo nginep-nginepan.
Padahal kita semua masih sepupu. Wajar kalo nginep-nginepan.
Nah ini pertanyaan yang juga gak harus kamu jawab. Kecuali kalo tetangga kamu itu adalah Bapak/Ibu RT kamu. Mungkin dia emang butuh konfirmasi aja, siapa sebenernya orang yang kamu ajak nginep semalem itu? Daripada kamu digrebek kan. Tapi kalo itu cuma tetangga biasa, kamu boleh kok gak jawab. Apalagi kalo yang nginep itu bener-bener sodara kamu.

3. Kerjanya Apa, Kok Kerjanya di Rumah?

{source name="working" url="www.thirdculture.cc"} Ini yang namanya freelancer.
Ini yang namanya freelancer.
Jadi menurut tetangga kamu dan orang tua kebanyakan, bekerja itu harus keluar rumah. Pergi ke kantor atau ke toko pagi-pagi, terus pulang ke rumah lagi sore atau malam hari gitu. Nah, makanya begitu ngeliat kamu gak pernah keluar rumah dan ngakunya kerja, dia bakal nanyain detil pekerjaan kamu. Padahal mungkin dulu udah pernah kamu jelasin, tapi dia masih nanya lagi. Kamu boleh kok gak jawab pertanyaan itu. Pertama, karena itu pertanyaan sama dan suatu saat dia bakal nanya lagi. Kedua, udah dijelasin pun dia bakal tetep gak ngerti.

4. Semalem Dianter Sama Mobil, Itu Siapanya?

{source name="Keluar mobil" url="www.popsugar.com"} Buru-buru keluar dari mobil.
Tungguin aku keles.
Yaelah, terus kenapa kalo dianter pulang? Apa urusannya sama tetangga kamu? Mungkin tetangga kamu abis nonton infotainment. Jadi kebawa-bawa gitu pengen tau juga kehidupan kamu. Jelas banget pertanyaan ini gak harus kamu jawab. Kalo pun mau dijawab, jawab aja pake kalimat diplomatis kayak artis-artis, "Alasan pastinya sih gak bisa aku umbar di sini, karena kan itu private banget."

5. Habis Pulang Dugem ya?

{source name="Jendela mobil" url="the-frat-pack.com"} Dari mana, kok baru pulang? | Terserah gue.
Dari mana, kok baru pulang? | Terserah gue.
Nah ini juga akibat dari ketidaktahuan tetangga kamu terhadap jenis-jenis pekerjaan dan waktu bekerjanya. Di mana ada yang namanya kerja shift-shift-an. Jadi wajar kalo kamu perginya malem, pulangnya pagi. Atau karena alasan deadline, akhirnya mau gak mau kamu pulang dini hari. Tapi karena emang dasar tetangga kamu gak tau, eh akhirnya dia malah nuduh kamu. Kamu dikira habis hura-hura sampe lupa waktu pulang. Kalo udah gini, apa masih perlu kamu jawab pertanyaan yang berbau tuduhan itu?

6. Berangkat Mas?

{source name="Ngobrol" url="www.cnn.com"} Kok lo tolak pinggang sih? | Iya kesel ditanya-tanya mulu.
Kok lo tolak pinggang sih? | Iya kesel ditanya-tanya mulu.
Hampir sama kayak poin pertama, ini juga pertanyaan yang jelas basa-basinya orang Indonesia. Lah udah tau kamu lagi ngeluarin kendaraan dari garasi, terus lagi nutup pager, eh masih ditanya, "berangkat mas?". Ini mungkin bisa kamu jawab pake senyum aja. Gak usah pake kata-kata.

7. Eh Denger-denger Katanya (....), Bener Gak Sih?

{source name="Gosip" url="www.dailymail.co.uk"} Eh eh denger..denger | Wah gue budeg, gak bisa denger.
Eh eh denger..denger | Wah gue budeg, gak bisa denger.
Kalo tetangga kamu nanya kayak gini, besar kemungkinannya kamu baru aja diajak untuk gosipin tetangga lain. Wah, bahaya. Mending kabur ajalah.
Pasti masih banyak pertanyaan lain dari tetangga yang rasanya gak pengen banget kamu jawab dan belum dicantumin di sini. Ya udah kamu tulis di kolom komentar aja. Btw cakep juga nih kalo artikel ini kamu sebarin ke tetangga kamu, biar dia berhenti nanya-nanya gak penting sama kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar